We Are Same

We Are Same

Selasa, 20 Agustus 2013

PENGOLAHAN LIMBAH

Pengolahan limbah, atau pengolahan air limbah domestik, adalah proses penghilangan kontaminan dari air limbah dan limbah rumah tangga, baik limpasan (efluen) maupun domestik. Hal ini meliputi proses fisika, kimia, dan biologi untuk menghilangkan kontaminan fisik, kimia dan biologis. Tujuannya adalah untuk menghasilkan aliran limbah (atau efluen yang telah diolah) dan limbah padat atau lumpur yang cocok untuk pembuangan atau penggunaan kembali terhadap lingkungan. Bahan ini sering secara tidak sengaja terkontaminasi dengan banyak racun senyawa organik dan anorganik.
Hadirnya sebuah industri di tengah-tengah masyarakat jelas memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar. Mulai dari sumbangan potensial bagi perekonomian sekitar dengan ketersedian lapangan kerja, sampai dengan sumbangan terhadap perekonemian negara melalui barang produk dan jasa yang dihasilkan. Namun di sisi lain, perkembangan industri yang pesat juga berpotensi membawa dampak negatifterhadap lingkungan.
Masalah pembuangan limbah industri tetap menjadi sorotan utama disamping kontribusi positif industri tersebut kepada masyarakat. Oleh karena itu, kehadiran sistem pengolahan limbah internal begitu penting demi menghasilkan limbah industri yang siap buang, dan tidak mencemari lingkungan. Tujuan dari pengolahan limbah adalah untuk menghasilkan limbah yang aman untuk dibuang ke lingkungan, tanpa menimbulkan kerugian atau masalah kepada masyarakat dan tentunya dapat mencegah pencemaran lingkungan.
Pengolahan limbah, adalah proses penghilangan kontaminan dari air limbah yang meliputi proses fisika, kimia, dan biologi untuk menghilangkan kontaminan fisika, kimia dan biologi didalamnya. Tujuannya adalah untuk menghasilkan air limbah atau efluen yang telah diolah, dan limbah padat atau lumpur yang memenuhi standar untuk pembuangan atau penggunaan kembali dan aman bagi lingkungan.
Tujuan sebuah industri dibangun jelas untuk mendapatkan profit, namun memaksimalkan profit dengan mengabaikan pengolahan limbah industri jelas tidak benar. Kampanye industri hijau dan kelestarian lingkungan yang terus digalakkan sedikit banyak telah mengedukasi pelaku industri untuk mulai peduli dengan sistem pengolahan limbah internal, sebelum mereka membuang sisa limbah ke lingkungan.
Penerapan instalasi pengolahan limbah memang memakan biaya, tapi sejauh ini sudah semakin banyak industri yang mau berinvestasi demi kelestarian lingkungan, dan akhirnya juga berujung kepada keberlanjutan bisnis mereka. Teknologi demi teknologi yang bertujuan untuk meminimalisir limbah buangan industri dan upaya pengendalian serta pengolahan limbah industri sudah mulai diterapkan.
Melalui sistem pengolahan limbah yang terorganisir, maka peluang sebuah industri untuk berkembang pun semakin besar. Bukan sesuatu hal yang mustahil lagi jika kedepannya sebuah industry bisa tetap produktif mencari profit, sementara lingkungan sekitarnya tetap sehat. Sebab para ahli lingkungan tidak akan pernah diam dalam melakukan terobosan baru untuk menciptakan sistem pengolahan limbah yang semakin ramah lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar